10 Tips Sederhana Optimasi Website Anda

Tips Optimasi Website

Website dengan desain yang bagus namun tidak optimal untuk mesin pencari? Google, Bing, dan Yahoo tidak peduli website dengan dengan desain menarik website Anda. Mereka hanya peduli pada website dengan optimasi, seperti: kecepatan, penggunaan alt tag, konten, kata kunci, dan ratusan hal teknologi lainnya yang sangat membosankan. Memahami “hal-hal teknis yang membosankan” itu dapat membawa website Anda pada kesuksesan baru. Kesalahpahaman ini dapat membuat Anda keluar dari bisnis, atau website Anda sepi pengunjung.

Apa itu optimasi mesin pencari (SEO)?

SEO adalah proses meningkatkan volume atau kualitas lalu lintas ke situs web Anda dari mesin telusur seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Melalui hasil penelusuran “alami” atau tidak berbayar (“organik” atau “algoritmik”) di mesin telusur. Teorinya adalah website Anda muncul dalam daftar hasil pencarian, semakin tinggi posisi website Anda semakin banyak pengunjung yang akan datang melalui mesin pencari. Dengan Jasa Seo, Anda dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video dan sebagainya.

Sepuluh tips berikut menurut kami yang sering diabaikan atau kesalahan umum dalam membuat website.

1. Optimasi Konten Website

Konten merupakan optimasi terbaik. Segala jenis pengoptimalan hanya efektif jika digabungkan dengan konten berkualitas tinggi dan unik. Idealnya, konten (teks) mengandung kata kunci yang menyoroti keseluruhan isi website. Konten yang dibuat harus mudah dibaca dan dipahami. Gunakanlah kata kunci Anda dalam konten (teks) dengan bijak. Konten yang dibuat sebaiknya untuk pengunjung, bukan untuk mesin pencari.

2. Backlink Exchange

Bertukar link dengan website yang relevan dengan website Anda, lebih baik lagi apabila bertukar dengan website yang memiliki otoritas tinggi (situs web dengan peringkat halaman tinggi).

3. Nama File Gambar

Pikirkan nama yang bagus untuk file gambar Anda. Google juga menampilkan teks dan gambar pada halaman hasil pencarian, Gambar yang relevan yang terkandung dalam artikel website. Terapkan kata kunci yang ingin ditargetkan pada nama file gambar Anda, dan jangan lupa gunakan tag alt dan tag judul untuk gambar Anda.

4. Permalink

Gunakanlah permalink yang pendek dan terdapat kata kunci di dalamnya (contoh: https://www.blackboomedia.com/jasa-pembuatan-website). Harap dicatat bahwa hanya empat kata pertama dalam permalink yang relevan. Google tidak peduli dengan kata-kata apa pun di permalink Anda.

5. Desain Website

Desain website yang dioptimalkan untuk mesin telusur. Beberapa desain website menggunakan banyak kode untuk membuat tata letak dan desain. Google akan mengarungi kode sumber untuk menemukan konten yang relevan. Semakin banyak kode yang Anda miliki, semakin sedikit konten dan kepadatan kata kunci. Desain website berkinerja baik dan bagus untuk peringkat Google Anda, karena kecepatan website Anda adalah satu dari dua ratus kriteria yang menentukan peringkat Anda.

6. Peta Situs (Sitemap)

Buatlah peta situs website anda (sitemap) dalam format XML. Dengan WordPress anda dapat menambahkan melalui plugin seperti Google XML Sitemaps. Google juga memiliki berbagai alat berguna lainnya, seperti Website Optimizer dan Webmaster Central.

7. Soroti Konten atau Kata Kunci

Soroti Konten informatif atau kata kunci di situs web Anda. Gunakan h1-h6 untuk menyorot judul atau subjudul artikel, kalimat penting dan kata kunci yang menjadi target. Namun, jangan terlalu belebihan.

8. Berbagi di Sosial Media

Tambahkan tulisan Anda ke jejaring sosial. Tapi tolong jangan hanya mempromosikan diri sendiri. Promosikan juga posting dan website lain yang Anda suka. Orang-orang akan menghargai kebaikan Anda dan akan menautkan kembali kepada Anda.

9. Jangan Menggunakan Teknik Black Hat

Jangan menggunakan teknik Black Hat untuk optimasi website Anda. Jika Anda mencoba menipu Google, mereka akan tahu. Baru-baru ini, beberapa website dengan profil tinggi terkena penalti oleh Google karena menggunakan teknik semacam itu. Menjadi licik akan lebih berbahaya daripada baik.

10. Jangan Membuat Website berbasis Flash

Mengggunakan website dengan desain berbasis Flash hampir tidak terlihat oleh mesin pencari. Gunakanlah CMS Populer, seperti: WordPress, Joomla, Blogspot, dan lainnya. CMS yang sudah terbukti bersahabat dengan Google hingga saat ini.

Sepuluh tips ini bisa saja terus berkembang seiring berkembangnya algoritma mesin pencari. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada lebih dari 200 kriteria yang digunakan Google untuk menentukan peringkat Anda termasuk kriteria yang kurang dikenal seperti usia domain, konten duplikat, deskripsi meta dan tag, seberapa aktif situs web dan banyak lagi.

Last but not least, jangan berusaha terlalu keras! Berkonsentrasi pada pembuatan konten yang orisinil, unik, relevan, dan berkualitas. Jika Anda melakukan itu, yang lainnya akan mengikuti kesuskesan Anda. Selamat mencoba!