Scroll to top

Hosting Down, Pengaruhi Posisi Website?

website-down

Ketika dulu Googlebot ‘meng-crawl’ website setiap sebulan sekali dan merangking website selama durasi tersebut. Periode ini membuat para webmaster khawatir mengenai pemeringkatan website, apakah rangking website akan naik atau turun. Ditambah ketika Googlebot datang, website sedang dalam kondisi tidak bisa diakses (down).

Namun, saat ini semuanya telah berganti. Kini Googlebot secara reguler mengunjungi website. Pada Google websmaster terdapat notifikasi apabila Googlebot tidak dapat meng-crawl website dengan berbagai penyebab. Google webmaster akan mendeteksi berbagai penyebab mengapa website tidak dapat di-crawl.

Walaupun website anda tidak dapat diakses (down) dalam sehari, disebabkan oleh masalah server atau sedang proses pindah website, tidak akan mempengaruhi rangking pada SERP. Namun, apabila website tidak dapat diakses dalam waktu yang lebih lama (2 minggu), ini dapat menurunkan website. Karena, Google tidak menginginkan pengunjung website membuka website yang tidak dapat diakses. Ini akan memberikan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pengunjung.