Kecepatan Website Untuk Bisnis Anda

kecepatan website

Kecepatan Website Untuk Bisnis Anda

Kecepatan Website Untuk Bisnis Anda 857 670 Blackboomedia

Trend pengguna website di tahun 2019 semakin meningkat. Dibutuhkan website dengan waktu muat (loading) yang lebih cepat sehingga pengunjung website tidak meinggalkan website begitu saja. Terdapat berbagai trik guna meningkatkan kecepatan website, namun terdapat berbagai faktor sehingga website dapat dikatakan sangat cepat atau sangat lambat.

Mudahnya, sebagain kita masih beranggapan semakin cepat koneksi internet maka semakin cepat website terbuka. Faktanya terdapat faktor lain yang dapat menghambat kecepatan sebuah website, seperti server atau hosting tempat website, lokasi server, script website, besar ukuran gambar, dll. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kita perlu mengoptimalkan berbagai hal tersebut sehingga website cepat ketika diakses kapanpun dan dimanapun.

Manfaat Kecepatan Website

Kecepatan website ketika dibuka sangat bermanfaat bagi pengunjung website kita. Selain kepuasan pengunjung, kenyamanan dan informasi yang dibutuhkan lebih mudah didapatkan. Selain itu, berikut keuntungan lainnya yang bisa kita peroleh dengan website yang kenceng (*cepat).

  1. Meningkatkan ranking website pada mesin pencari Google. (Salah satu faktor seo Google)
  2. Menigkatkan pengalaman pengunjung website (User Experience) dan kesan yang baik bagi pengunjung. Hal ini sangat penting apabila pengunjung website anda merupakan calon pembeli produk dan jasa yang anda tawarkan.
  3. Bandwidth yang digunakan lebih sedikit, semakin optimal website anda dapat mengurangi jumlah distribusi konten.
  4. Mempermudah pengunjung website yang masih menggunakan koneksi internet yang lambat.

Menurut Aberdeen Group, Penundaan waktu muat (loading) 1 detik ketika membuka sebuah halaman website dapat menyebabkan:

  • 11% Pengunjung batal mengunjungi website.
  • 16% Penurunan kepuasan pengunjung
  • 7% Kehilangan konversi

Raksasa E-Commerce Amazon mengklaim mengalami peningkatan pendapatan sekitar 1% untuk setiap 100 milidetik peningkatan kecepatan website.
Walmart mengklaim yang sama, pendatan mengalami peningkatan 2% untuk 1 detik peningkatan kecepatan website.

Sebuah studi dari Akamai menemukan bahwa:

  • 47% pengunjung website mengharapkan sebuah website dengan waktu muat (loading) dalam 2 detik.
  • 40% pengunjung meninggalkan website dengan waktu muat (loading) diatas 3 detik.
  • 52% dari pembeli online mengatakan kecepatan sebuah website salah satu faktor yang membuat mereka loyal.

Kesimpulan

Dalam membuat website, selain tampilan anda juga perlu memperhatikan waktu muat (loading) website anda. Tampilan yang bagus, video yang keren hingga animasi disana-sini memang menarik perhatian. Namun, terlalu banyak poin yang tidak penting, dapat merugikan anda dari segi bisnis. Hasil studi di atas dapat menjadi bahan pertimbangan, bagaimana karakter pengunjung website pada umumnya.

Untuk mempercepat waktu muat (loading) sebuah website memang tidak mudah, banyak faktor yang perlu dioptimasi. Namun, itu semua dapat dikerjakan dan diskusikan dengan jasa pembuatan website pilihan Anda. Selamat mencoba!